Jokowi Tunjuk Prabowo Kelola Lumbung Pangan di Kalimantan

Jokowi Tunjuk Prabowo Kelola Lumbung Pangan di Kalimantan

Kamis, 9 Juli 2020 | 18:11 WIB
Jokowi ingin lahan seluas 150 ribu hektare jadi cadangan pangan.
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto di Kalimantan Tengah
Photo :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto di Kalimantan Tengah

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Kementerian Pertahanan untuk memimpin pembangunan lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah. Saat meninjau lokasi food estate hari ini Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Dan leading sector-nya ini nanti, karena menyangkut cadangan strategis pangan kita, akan kita berikan kepada Pak Menhan yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian dan juga Menteri PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat]," ujar Jokowi saat berada di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis 9 Juli 2020.

Baca juga: Ini Desa yang Disulap Jadi Lumbung Pangan Nasional di Kalteng

Dalam hal ini, Jokowi menyebutkan, sejumlah kementerian yang keroyokan mengerjakan program besar ini akan dibantu kepala daerah. Ia berharap, lahan seluas 150 ribu hektare tersebut menjadi cadangan pangan nasional ke depan.

"Saya kira kita tahu semuanya FAO sudah memberikan peringatan bahwa krisis pangan akan melanda dunia karena pandemi juga karena memang adanya musim yang tidak bisa diatur dan diprediksi," kata Jokowi.

Kepala Negara menambahkan, "Kita harapkan dengan cadangan strategis pangan, kita ini betul-betul bisa kita atur kalau memang dalam negeri kekurangan, akan di-supply dari sini.”

Dengan lahan yang ada, Jokowi pun berharap, banyak komoditas pangan ditanam dan berproduksi secara masif. Bahkan ia ingin komoditas unggulan dari Tanah Air dapat diekspor ke luar negeri.