Di Tengah Pandemi COVID-19, Desa di NTB Tetap Jaga Ketahanan Pangan

Di Tengah Pandemi COVID-19, Desa di NTB Tetap Jaga Ketahanan Pangan

Kamis, 9 Juli 2020 | 22:06 WIB
Hasil panen Desa Kembang Kuning sudah bisa dinikmati
Desa di NTB yang memperkuat ketahanan pangan
Photo :
  • Istimewa

Desa di NTB yang memperkuat ketahanan pangan

VIVA – Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Muhammad Iqbal meluncurkan dan meresmikan Desa Kembang Kuning sebagai Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru (NTB). Gelaran peluncuran di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur tersebut, dilakukan seiring berlangsungnya acara Panen Raya, Tebar Benih, Baksos dan Kampung Tangguh Nusantara (KTN), di Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang Provinsi Banten oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Iqbal menuturkan, saat pemerintah menerapkan PSBB dengan pengetatan yang sangat luar biasa, dimana tidak boleh satupun masyarakat keluar rumah karena di seberang jalan telah menunggu social security, tentunya perputaran ekonomi akan terancam.

"Alhamdulillah, di Provinsi NTB ini ekonomi cukup stabil dan ini menjadi blessing in disguise juga di tengah-tengah pandemi, yang tentunya seperti roller coaster, kadang naik kadang turun, kita mensyukuri bahwa kekayaan alam dan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa yang dikelola oleh seluruh elemen masyarakat," Iqbal.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Dikatakan, sejalan dengan kegiatan panen raya oleh Kapolri dan Panglima TNI di Kampung Tangguh Ketapang, Iqbal mengejawantahkan program Kampung Tangguh Nusantara sesuai kondisi wilayah NTB.

“Untuk di NTB sendiri, Program Kampung Tangguh Nusantara kita implementasikan hari ini, dengan meluncurkan Desa Kembang Kuning sebagai Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru, yang juga berbasis lomba. Ini dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di Nusa Tenggara Barat, dan Alhamdulillah, saya yang diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk meluncurkannya,” ucap Iqbal.