Mendagri Minta Pemda di Papua Segera Cairkan Anggaran untuk Pilkada
Jumat, 10 Juli 2020 | 15:43 WIB

Mendagri Minta Pemda di Papua Segera Cairkan Anggaran untuk Pilkada

Mendagri mendesak agar 11 kabupaten segera mencairkan.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan.

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah segera mencairkan anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020.  Pencairan itu perlu untuk kelancaran para penyelenggara Pilkada dalam menggelar setiap tahap.  

Hal itu disampaikan Mendagri dalam Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Papua. Rakor berlangsung di Swissbell Hotel Jayapura, Jumat 10 Juli 2020.

“Kita ingin agar KPU, Bawaslu, aparat keamanan, ini 3 komponen penting yang menyelenggarakan dan mengawasi ini bisa betul, gerakannya maksimal, untuk bisa bergerak maksimal ya tidak ada yang gratis, semua harus dengan anggaran, biaya, oleh karena itu anggaran biaya ini harus segera dipenuhi, terutama yang menjadi kewajiban kepala daerah, NPHD-nya segera cairkan,” kata Mendagri.

Meski telah memberikan kelonggaran waktu untuk mencairkan anggaran hingga 15 Juli, tetapi Mendagri berharap pencairan dilakukan secepatnya. Terlebih, pemutakhiran data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dimulai 15 Juli. Pemutakhiran akan dimulai dengan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.