PWI Kecam Pihak yang Melecehkan Kredibilitas Wartawan dan Pers

PWI Kecam Pihak yang Melecehkan Kredibilitas Wartawan dan Pers

Selasa, 14 Juli 2020 | 00:53 WIB
Keikutsertaan sejumlah wartawan bersama Susi Pudjiastuti disoal.
Wartawan senior Ilham Bintang
Photo :
  • Facebook Ilham Bintang

Wartawan senior Ilham Bintang

VIVA – Persatuan Wartawan Indonesia mengingatkan pihak-pihak tertentu agar menghentikan penyebaran insinuasi dan fitnah yang bertujuan merusak kredibilitas wartawan dan media pers cetak, online, maupun elektronik, lebih-lebih yang tengah melaksanakan fungsi kontrol terhadap pemerintah.

Peringatan Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang itu disampaikan, Senin, 13 Juli 2020, menanggapi beredarnya daftar nama pemimpin redaksi yang memenuhi undangan perjalanan ke luar negeri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu.

Ilham menganggap, ada pihak yang tidak bertanggung jawab membingkai daftar undangan perjalanan sedemikian rupa, seakan tiket maupun hotel selama perjalanan yang ditanggung oleh pemerintah dianggap sebaga suap.

"Asumsi itu jahat sekali. Itu pelecehan kemampuan profesional dan integritas wartawan dan kredibilitas media pers," kata Ilham, dalam keterangan tertulisnya. Padahal, katanya, “undangan seperti itu biasa saja, lazim diterima wartawan sejak pemerintahan mana pun: dari Bung Karno, Pak Harto, sampai era Jokowi.”

Baca: Polemik Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo Siap Diganti Jika Bersalah

Berita Terkait :
Saksikan Juga