Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri: Pelihara Kekompakan

Presiden RI Joko Widodo (Antara)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Presiden Joko Widodo melantik 750 taruna dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri. Mereka diambil sumpahnya secara virtual. Hanya yang memperoleh Adhi Makayasa, yang dihadirkan di Istana Negara, tempat pengambilan sumpah dilangsungkan, Selasa 14 Juli 2020.

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

Presiden Joko Widodo menyampaikan banyak pesannya kepada perwira muda ini. Termasuk soal menjaga nama baik institusi dengan memegang teguh kode etik. Hingga terkait dengan kekompakan TNI dan Polri.

"Saudara harus terus memegang teguh kode etik dan jati diri sebagai perwira TNI dan Polri, junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan dan persatuan, dan berikan pelayanan yang terbaik bagi bangsa, negara dan rakyat kita," ujar Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

Baca juga: Strategi Polri Cegah Kasus Hate Speech yang Masih Terjadi di Medsos

Dari 750 perwira Praspa TNI-Polri yang dilantik terdiri atas 457 orang dari Akademi Militer (Akmil) dan 293 dari Akademi Kepolisian (Akpol). Presiden mengatakan, para perwira yang baru diangkat tidak boleh melupakan jasa orang-orang di balik mereka.

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Baik itu jasa dan doa kedua orangtua, hingga para guru yang telah mendidik dan melatih mereka selama ini.

"Saudara-saudara bukan siapa-siapa tanpa dukungan dan doa dari orangtua saudara. Saudara-saudara juga tidak bisa seperti sekarang ini tanpa pendidik dan pelatih. Oleh karena itu bersimpuhlah kepada beliau-beliau yang sudah berjasa untuk masa depan saudara-saudara," tutur Jokowi.

Kepada orangtua para perwira yang dilantik, Jokowi mengatakan kalau mereka bukan saja kebanggaan keluarga. Tetapi sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Tak Lupa, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan TNI dan Polri, yang melatih dan mendidik para peserta Praspa ini sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia.

"Pendidik, pelatih dan seluruh jajaran Lemdiklat TNI-Polri saya ucapkan banyak terima kasih atas kerja keras saudara-saudara mencetak perwira perkasa. Saudara-saudara bukan hanya sedang bekerja tapi sedang mengabdi demi kejayaan Indonesia," kata Jokowi.

Ada empat perwira terbaik yang mendapatkan Adhi Makayasa, yaitu Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol). (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya