Gugus Tugas Papua Sebut Banyak Warga Jayapura Anggap Corona Tak Nyata

Tim medis melakukan penjemputan terhadap pasien positif corona. (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVA – Pandemi COVID-19 masih terus bertambah di Papua. Jumlah pasien yang terinfeksi secara kumulatif di Papua sebanyak 2.424 orang berdasarkan data yang dimutakhirkan pada Kamis, 16 Juli 2020.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Dalam laporan Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule, ada penambahan 18 orang positif corona sehingga total positif COVID-19 menjadi 2.424 kasus.

Sebanyak 1.199 orang dalam perawatan, pasien sembuh 1.199 orang, dan pasien meninggal dunia  26 orang. “Hari ini jumlah pasien sembuh di Papua jumlahnya sama dengan pasien dirawat,” kata Silwanus.

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

Baca: Belasan Tenaga Medis Tertular Corona, RS di Jayapura Tutup Poliklinik

Penambahan pasien baru positif corona hari ini sebanyak 18 orang: asal Kota Jayapura 13 orang, Keerom 1 orang, dan Kabupaten Mimika 4 orang.

Beredar Video Diduga Prajurit TNI Aniaya Warga di Papua, PGI Tuntut Investigasi Menyeluruh

“Ya, hari ini kita ada kabar baik. Kita ada penambahan pasien sembuh sebanyak 35 orang: mereka berasal dari Kota Jayapura sebanyak 24 orang, Yapen 2 orang, Keerom 3 orang, Mimika 5 orang, dan Kabupaten Puncak Jaya sebanyak 1 orang,“ ujar Silwanus.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.922 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 247 orang. Sedangkan yang sudah melakukan tes swab sebanyak 20.513 sampel dengan metode PCR dan TCM.

“Kami hari ini memberikan warning kepada Kota Jayapura, di mana dalam sepekan terakhir selalu menjadi daerah yang paling banyak menyumbangkan pasien positif baru,” katanya.

Ia melanjutkan, jumlah pasien positif di Kota Jayapura terus meningkat karena warganya belum disiplin melaksanakan protokol kesehatan, masih banyak warga yang tidak memakai masker, banyak warga yang berkumpul dan tidak memperhatikan anjuran physical distancing.

“Banyak warga yang menganggap virus corona ini tidak nyata. Saya mau tegaskan di sini, ya, virus corona itu nyata dan ada di sekitar kita, dan satu-satunya cara agar tidak tertular adalah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan,“ katanya.

Silwanus menyampaikan kepada Gugus Tugas di semua kabupaten/kota di Papua agar jangan kendor untuk terus melaksanakan surveillance, dan mencari kasus, tingkatkan insentitas surveilance sehingga bisa menemukan kasus sedini mungkin warga yang positif COVID-19. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya