Logo DW

1 dari 5 Anak di Jerman Tumbuh dalam Kemiskinan

picture alliance/dpa/R. Vennenbernd
picture alliance/dpa/R. Vennenbernd
Sumber :
  • dw

Sekitar 2,8 juta anak di Jerman - atau satu dari lima anak – harus tumbuh dalam kemiskinan, kata laporan terbaru Yayasan Bertelsmann yang dirilis hari Rabu (22/7). Studi ini juga menyebutkan, krisis corona memperburuk situasi anak dari keluarga miskin.

"Selama bertahun-tahun, perjuangan melawan kemiskinan anak telah menjadi salah satu tantangan sosial terbesar di Jerman," kata laporan itu.

Sejak 2014, tingkat kemiskinan anak di Jerman tetap tinggi, walaupun hanya terjadi sedikit peningkatan. Menurut laporan itu, 21,3?ri semua anak dan remaja di bawah usia 18 di Jerman "tumbuh dalam kemiskinan”.

Anak-anak alami kemiskinan jangka panjang

Studi ini mempertimbangkan beberapa faktor dalam analisisnya tentang kemiskinan anak. Selain melihat keluarga yang menerima tunjangan sosial, yang di Jerman sering disebut ”Hartz IV", para peneliti juga mengamati perkembangan anak-anak dari keluarga yang pendapatannya kurang dari 60% pendapatan rata-rata di Jerman, karena mereka dianggap beresiko mengalami kemiskinan.

Sekitar dua pertiga anak-anak yang hidup dalam kemiskinan di Jerman mengalaminya untuk jangka waktu cukup lama, kata laporan Yayasan Bertelsmann. Indikasi dan dampak nyata kemiskinan itu termasuk tidak memiliki mobil atau perangkat elektronik di rumah, dan tidak melakukan perjalanan liburan serta kegiatan waktu luang seperti pergi ke bioskop.

"Kemiskinan anak tetap menjadi masalah struktural yang belum terpecahkan, dengan konsekuensi besar bagi pertumbuhan, kesejahteraan, pendidikan dan prospek masa depan anak-anak," kata Yayasan Bertelsmann dalam laporan terbarunya.