Khofifah: Anak-anak Rentan Alami Kekerasan di Masa COVID-19

Khofifah: Anak-anak Rentan Alami Kekerasan di Masa COVID-19

Kamis, 23 Juli 2020 | 10:14 WIB
Terdapat 699 laporan diterima tentang kekerasan terhadap anak.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama seorang bocah SD.
Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama seorang bocah SD.

VIVA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) membuat banyak orang stres. Dalam kondisi seperti itu, anak-anak rentan mengalami kekerasan. Karena itu, masyarakat perlu lebih aktif menjadi pelopor dan pelapor agar anak-anak terlindungi.

"Jujur diakui jika situasi ini juga membuat banyak orang dewasa atau orangtua stres, dan anak-anak menjadi kelompok paling rentan mengalami kekerasan fisik, psikis, bahkan seksual," kata Khofifah dalam peringatan Hari Anak Nasional di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Kamis, 23 Juli 2020.

Selain berpotensi alami kekerasan, menurut Khofifah, anak-anak juga rentan mengalami stres selama pandemi, setelah mereka terpaksa membatasi kegiatannya untuk belajar, bermain, dan beribadah di rumah.

"Ini harus menjadi perhatian kita semua. Awalnya mungkin gembira karena bisa di rumah, tapi lambat laun pasti bosan juga karena mereka tidak bisa bermain dan belajar dengan teman-teman sebayanya," ujar mantan menteri Sosial itu.

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler