Renovasi Rampung, Masjid Istiqlal Siap Diresmikan Jelang Idul Adha

Presiden Jokowi meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal beberapa waktu lalu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Seusai menggelar peninjauan progres renovasi Masjid Istiqlal, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, proses renovasi telah selesai dan siap untuk diresmikan.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Basuki mengatakan, proses renovasi yang telah digarap sejak Mei 2019, saat ini bahkan telah dilakukan provisional hand over (PHO). 

"Saya dan Imam Besar Masjid Istiqlal sepakat dan berjanji kepada Bapak Presiden, supaya Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Idul Adha, Alhamdulillah ternyata bisa," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis 23 Juli 2020.

Car Users Now Can Use the Bocimi Toll Road, PUPR Says

"Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan," ujarnya.

Basuki mengatakan, renovasi Masjid Istiqlal telah berjalan baik, utamanya pada pekerjaan lanskap dan pencahayaan. Dia menjelaskan, di dalam masjid juga ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, di mana pada beberapa waktu lalu juga sudah dicek oleh Presiden Joko Widodo.

PUPR: Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Siap Difungsikan Mulai Hari Ini

Baca juga: MUI Minta Polisi Usut Pembuat Isu Viral Kue Klepon Tak Islami

"Lighting-nya juga sudah kami coba tadi. Dan karena ini renovasi besar-besaran untuk pertama kalinya sejak dibangun 42 tahun lalu, Insya Allah sudah sesuai dengan harapan masyarakat," ujarnya.

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior, dan signage, dengan anggaran sebesar Rp475 miliar. 

Penambahan sejumlah sarana

Pekerjaan penataan kawasan meliputi pengembalian aksis Monas dan perapihan zonasi kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plasa-plasa sebagai ruang publik, perbaikan tepi/tanggul sungai, penambahan gedung parkir lapis dua (basement), perbaikan kantin, dan penambahan area pedagang kaki lima (PKL).

Pekerjaan arsitektur mencakup pekerjaan fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudu, toilet, dan kamar mandi. Pekerjaan interior di antaranya adalah interior ruang salat utama, area VIP dan perkantoran pengurus masjid.

Pekerjaan MEP di antaranya adalah perbaikan sistem MEP keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pekerjaan signage meliputi pergantian signage gerbang, ruang luar, dan interior.

Di samping pekerjaan di atas, untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan COVID-19, akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL). 

Sementara itu, untuk Terowongan Silaturahmi bawah tanah yang akan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral, direncanakan mulai dibangun pada akhir 2020. Kebutuhan anggaran diperkirakan mencapai Rp40 miliar. (art) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya