Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Luwu Timur Sulawesi Selatan

Gempa 4,0 SR guncang Luwu Timur, Sulsel.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi dengan magnitudo 4,0 mengguncang Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan  pada Minggu, 26 Juli 2020, pukul 18.12 WIB.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di 2,23 Lintang Selatan (LS) dan 120.65 Bujur Timur (BT) atau 8 km utara Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 km. Gempa ini merupakan kejadian kedua kali pada hari ini, setelah gempa dengan magnitudo 2,9 terjadi pada pukul 00.18 WIB.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Gempa ini dirasakan juga di beberapa wilayah yaitu, dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di Masamba, Sulawesi Selatan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," saran BMKG.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024