Jemaah Salat Idul Adha di Aceh Membeludak di Tengah Pandemi Corona

Jemaah salat Idul Adha 2020 di Aceh membeludak
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Meski di tengah pandemi virus Corona COVID-19, ribuan warga Banda Aceh tetap memadati masjid Raya Baiturrahman untuk menunaikan salat Idul Adha 1441 H, Jumat, 31 Juli 2020.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Di masjid Raya Baiturrahman yang mampu menampung 25 ribu jemaah membeludak hingga ke taman masjid. Bahkan, jemaah rela menggelar sajadah di atas rumput samping dan halaman paling depan masjid untuk bisa menunaikan salat Idul Adha berjamaah. Shaf salat antarjemaah juga rapat seperti biasa.

Sebelum memasuki masjid petugas gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan Satpol PP berjaga di pintu masuk masjid untuk memantau jamaah yang tidak menggunakan masker dan mencek suhu tubuh jemaah.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Kemudian wastafel untuk mencuci tangan juga disediakan di pekarangan masjid. Namun di dalam masjid masih banyak jemaah yang tidak menggunakan masker. Padahal Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, sudah mewajibkan jemaah salat Idul Adha wajib memakai masker.

“Kita sudah sepakat untuk mengimbau penyelenggara ibadah salat Idul Adha di masjid untuk menerapkan protokol kesehatan dan mewajibkan kepada jemaah untuk memakai masker,” kata Aminullah Usman.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Pada salat Idul Adha 1441 Hijriah itu, bertindak sebagai Khatib Tgk Salman Abdul Muthalib dan imam Ustadz Zamhuri. Sementara khutbah hanya berlangsung 15 menit. Pada pukul 08:00 WIB, pelaksanaan salat Idul Adha di masjid raya Baiturrahman Banda Aceh selesai.

Setelah itu jemaah membubarkan diri. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid untuk berkumpul bersama rekannya berswafoto dan silaturahim.

Sejauh ini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus Corona di Aceh melonjak dalam tiga hari terakhir. Secara kumulatif jumlah pasien sudah mencapai 312 orang dengan rincian 206 dirawat di rumah sakit rujukan, 94 sembuh, 12 meninggal dunia.

Kota Banda Aceh menjadi daerah kasus Corona terbanyak di Aceh, hingga kini, sudah ditemukan 92 kasus. Dengan rincian, sembuh 28 orang dalam perawatan 62 orang dan 2 meninggal dunia. (ren)

Baca juga: 9 ASN di Manggarai Dipecat karena Korupsi Kini Aktif Lagi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya