Potret Ribuan Umat Islam Salat Idul Adha di Masjid Raya Medan

Salat Idul Adha di Masjid Raya Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution (Medan)

VIVA – Masjid Raya Medan, Al Mashun menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriah diikuti ribuan umat islam, Jumat pagi, 31 Juli 2020. Salat digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan fasilitas disiapkan oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM).

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Jemaah hadir sudah sejak pukul 06.30 WIB dengan menggunakan masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah. Begitu juga, para jemaah diminta melewati bilik disinfektan dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang disediakan di berbagai sudut masjid milik Sultan Deli itu.

Meski saf hingga keluar jalan, pelaksanaan ibadah berlangsung dengan khidmat. Pelaksanaan salat Idul Adha ini, diawali dengan tradisi kesultanan Melayu. Di mana Pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdy Osman Deli Khan Al Haj datang mengenakan baju khas melayu dan diikuti para pengawal saat memasuki masjid dengan kumandang takbir dan azan.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Baca juga: Cara Masjid di Melbourne Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi COVID-19

Salat Idul Adha di Masjid Raya Medan

Jumlah Pemudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Naik jadi 136,7 Juta Orang

Datok Empat Suku Kesultanan Deli, Aidil Fredy Abraham mengatakan tradisi tersebut memang rutin dilakukan di masjid yang berdiri pada tahun 1909 silam itu. 

"Alhamdulilah kalau dari BKM Masjid Raya Al-Mashun atau bagian dari Kesultanan Deli semuanya kita sudah mengacu pada protokol kesehatan yang diatur pemerintah," tutur Aidil.

Aidil menjelaskan pihak BKM Masjid Raya Medan terus mengimbau para jemaah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan antisipasi penyebaran COVID-19 setiap kegiatan di masjid beralamat di Jalan SM Raja Medan itu.

"Kita juga selalu BKM selalu menyarankan kepada jemaah agar membawa masker dan sajadah sendiri dan mengikuti protokol kesehatan," ungkap  Aidil. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya