Logo BBC

Kartu Prakerja Gelombang IV Segera Dimulai Minggu Pertama Agustus

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.-ANTARA
Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.-ANTARA
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Indonesia mengatakan pelaksanaan program Kartu Prakerja, yang direncanakan akan dimulai kembali pada pekan pertama Agustus, akan "lebih akuntabel," namun pegiat anti korupsi mengatakan bahwa program "bermasalah" tersebut sebaiknya ditunda sebelum digelar lagi.

Donny Gahral Adian, staf ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan bahwa program Kartu Prakerja gelombang IV akan menjadi bantuan sosial, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 tahun 2020.

"Saya kira prosesnya akan lebih akuntabel dan tetap dalam bentuk semi bantuan sosial, karena sekarang kita lagi krisis jadi banyak yang lebih membutuhkan bantuan finansial daripada pelatihan," kata Donny melalui sambungan telpon kepada BBC Indonesia (02/08).

"Tapi tetap esensinya bahwa ini membantu mereka yang terkena dampak, tidak bisa bertahan, dan nanti bekerja kembali setelah lapangan pekerjaan dibuka."

Namun, Lalola Easter, salah satu peneliti di Indonesia Corruption Watch (ICW), mengatakan bahwa pihaknya "tidak mendukung" pelaksanaan program Kartu Prakerja yang dinilainya masih memiliki banyak masalah.

"ICW sendiri tidak mendukung pelaksanaan Kartu Prakerja jika belum dilakukan evaluasi dan perbaikan mekanismenya. Dari awal ICW berpandangan bahwa banyak sekali catatan yang seharusnya diselesaikan lebih dulu oleh pemerintah, sebelum program Kartu Prakerja ini bisa dijalankan dengan maksimal," ujarnya.

`Ditunda dulu` sebelum ada perbaikan

Menurut ICW, salah satu masalah fundamental terkait Kartu Prakerja adalah mekanisme pemilihan platform digital yang tidak menggunakan mekanisme lelang pengadaan barang dan jasa.