Kasus Positif Corona di Sumbar Mulai Kembali Merangkak Naik

Petugas medis menggunakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

VIVA – Kurva kasus Corona atau COVID-19 di Sumatera Barat kembali bertambah per Selasa pagi, 4 Agustus 2020. Dalam 24 jam terakhir, ada penambahan sebanyak 14 kasus positif.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatra Barat, Jasman Rizal menyampaikan update perkembangan kasus terkonfirmasi positif. Kata dia, penambahan 14 kasus itu berdasarkan laporan dari Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dan Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Meski demikian, Jasman belum bisa merinci seluruh 14 kasus tambahan itu berasal dari Sumatera Barat atau bukan. Sebab, dari dua laboratorium tersebut juga memeriksa sampel spesimen dari beberapa provinsi tetangga seperti Lampung, Sumatera Utara dan Bengkulu. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pun, detail terkait data pergerakan kasus pandemi mematikan ini, baru bisa disampaikan pada sore ini. “Informasi sementara, data pergerakan COVID-19 di Sumbar dari total 687 sampel spesimen yang diuji ada tambahan 14 kasus,” kata Jasman. 

Baca Juga: Dua Anggota DPRD DKI Positif Corona, Seluruh Fraksi Bakal Dites Swab

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut Jasman, untuk kepastian asal 14 kasus tambahan itu, pihaknya masih melakukan tracing dan komunikasi dengan beberapa rumah sakit pengirim. Hal ini mengingat ada sampel yang berasal dari Bengkulu, Lampung dan Padang Sidempuan. 

Namun, selain adanya tambahan kasus positif, Jasman juga menyampaikan kabar baik. Tercatat, ada tambahan tiga pasien terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh. 

Dia pun mengimbau agar siapapun yang datang dari Sumatera Barat terutama dari daerah zona merah, sebaiknya segera melakukan swab test. Tes secara gratis bisa dilakukan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Segera lakukan test PCR atau swab secara gratis. Khusus kepada aparatur negara, pemerintahan, BUMN, BUMD, tanpa kecuali, diwajibkan lakukan PCR test di BIM jika memasuki Sumbar,” ujar Jasman.

Belum lama ini di periode Juli 2020, Sumbar sempat nihil penambahan kasus positif harian. Bahkan, dalam beberapa haru itu, ranah Minang aman dari penambahan kasus positif.

Surat Edaran Baru

Melihat terjadinya kenaikan angka kasus positif COVID-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali mengeluarkan surat edaran baru. Surat yang ditandatangani langsung Gubernur Irwan Prayitno tertanggal 3 Agustus 2020 tersebut, berisi tentang kewajiban pemeriksaan swab test bagi ASN, karyawan BUMD, BUMN, pejabat daerah di lingkungan Provinsi Sumbar yang melakukan perjalanan dari luar Provinsi.

Dalam surat edaran itu, disebut data saat ini menunjukkan terjadi peningkatan dan penyebaran kasus COVID-19 yang signifikan dan cepat. Penyebaran ini diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah Provinsi Sumbar, yang didominasi oleh ASN, tenaga kesehatan, karyawan BUMN dan BUMD yang melakukan perjalanan dari provinsi lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya