Banten Berutang Rp4,1 Triliun ke SMI untuk Pemulihan Ekonomi

Gubernur Banten, Wahidin Halim
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Guna pulihkan perekonomian yang lesu karena terjangan COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berutang Rp4,1 triliun ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Utang sebesar itu diklaim Gubernur Banten, Wahidin Halim akan digunakan untuk pemulihan perekonomian di wilayahnya.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

"Pinjaman bantuan keuangan akan dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif dan pemulihan ekonomi di Provinsi Banten," kata Gubernur Banten, Wahidin Halim, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Agustus 2020.

Mantan Wali Kota Tangerang dua periode dan anggota DPR dari Fraksi Demokrat ini menjelaskan, dengan kondisi pertumbuhan ekonomi triwulan I Indonesia yang hanya tumbuh 2,97 persen dan Provinsi Banten hanya 3,09 persen, Indonesia akan memasuki resesi atau pertumbuhan negatif 1 persen tahun ini. Pertumbuhan Provinsi Banten diprediksi juga akan negatif maka diperlukan upaya luar biasa agar kita tidak memasuki resesi. 

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Baca juga: PT KAI Tambah 5 Kereta dari Gambir dan Pasar Senen, Cek Jadwalnya

Maka, dana sebesar Rp4,1 triliun itu, menurut Wahidin, sangat berguna untuk memulihkan ekonomi nasional dari Banten yang bertumpu pada program pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ketahanan pangan. Hal itu sebagai upaya strategis untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang berdampak pada peningkatan daya beli.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Untuk itu prioritas Provinsi Banten yaitu penguatan interkonektivitas melalui pembangunan infrastruktur menjadi sangat vital dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Pinjaman sebesar Rp4,1 triliun akan dikembalikan oleh Pemprov Banten selama 10 tahun, dengan massa tenggang 24 bulan. Realisasinya dimulai pada APBD Perubahan 2020 dan APBD 2021 mendatang.

"Pelaksanaan program diharapkan bisa memungkinkan bagi Pemprov Banten untuk mencegah Banten masuk ke dalam resesi. Pemprov Banten merupakan pemerintah daerah ketiga, setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat, yang mendapat pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah yang disalurkan melalui PT SMI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya