Gubernur Sulawesi Selatan Tak Izinkan Bulukumba Buka Sekolah

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah
Sumber :
  • VIVA/Irfan Abdul Gani

VIVA – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, tak mengizinkan Kabupaten Bulukumba membuka kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka di sekolah, karena pandemi COVID-19 di kabupaten itu dianggap belum terkendali.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Berbicara kepada wartawan di Makassar pada Selasa, 4 Agustus 2020, Nurdin menegaskan akan terlebih dahulu menunggu hasil kajian epidemiologi untuk mengizinkan Bulukumba membuka sekolah-sekolah, meski dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Dia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Bulukumba berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemerintah provinsi untuk mempersiapkan dan mengantisipasi segala kemungkinan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Baca: Curahan Hati Keluarga Pasien Dicurigai Covid-19 Merasa Disanksi Sosial

Pemerintah Kabupaten Bulukumba berencana membuka sekolah dasar dan sekolah menengah pertama pada pekan kedua Agustus. Menurut Bupati AM Sukri Sappewali, untuk tahap pertama pembukaan SD, SMP, dan sederajat, dilakukan secara terbatas, pun khusus untuk di wilayah Kecamatan Ujung Bulu.

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Sebagai persiapan, seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan wilayah Kecamatan Ujung Bulu akan di-rapid test sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Sukri memastikan akan mengevaluasi keberlangsungan proses belajar-mengajar di sekolah. Jika dalam perkembangannya terjadi penularan COVID-19, kegiatan belajar-mengajar di sekolah dihentikan.

“Namun, jika kondisinya tetap aman, SD dan SMP di kecamatan lainnya juga akan segera dibuka,” katanya.

Dia telah memerintahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempersiapkan rencana pembukaan sekolah, termasuk kesiapan sekolah dalam menerapkan standar protokol kesehatan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Gubernur Nurdin mengingatkan Kabupaten Bulukumba dan semua daerah di Sulawesi Selatan agar tidak gegabah. Meski rasio penularan COVID-19 di Sulawesi Selatan sudah menunjukkan angka 0,92, masih tetap diperlukan kewaspadaan dan kedisiplinan menerapkan kesehatan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya