Jokowi Contohkan Pelaksanaan Pemilu di Singapura hingga Korea Selatan

Jokowi Contohkan Pelaksanaan Pemilu di Singapura hingga Korea Selatan

Rabu, 5 Agustus 2020 | 11:50 WIB
Beberapa negara telah menyelenggarakan pemilu di masa pandemi COVID-19
Presiden Jokowi
Photo :
  • Istimewa

Presiden Jokowi

VIVA – Presiden Jokowi mewanti- wanti pelaksanaan Pilkada 2020 serentak yang bakal digelar Desember mendatang. Ia telah melihat sejumlah negara yang telah menyelenggarakan Pemilu setingkat nasional di tengah masa pandemi COVID- 19.

"Saya juga lihat beberapa negara telah menyelenggarakan pemilu di masa pandemi, baik pemilu lokal maupun pemilu nasional. Seperti di Singapura, Jerman, Prancis, dan di Korea Selatan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 5 Agustus 2020.

Baca juga: Meriahkan HUT ke-75 RI, PT KAI Beri Diskon Tiket Kereta Api

Menurut Kepala Negara, yang paling penting diperhatikan selama proses tahapan pemilihan adalah memastikan rasa aman bagi pemilih dan masyarakat. Pemerintah dan penyelenggara dalam hal ini KPU, perlu meyakinkan masyarakat bahwa selama tahapan berlangsung, protokol kesehatan juga digaungkan secara masif.

"Sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman. Dan yang kita harapkan tingkat partisipasi pemilih tetap pada kondisi yang baik," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meminta laporan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengenai antisipasi kerawanan dan keamanan di 271 daerah yang menggelar pesta demokrasi tersebut. Hal ini juga ditekan oleh Jokowi perihal hitung- hitungan anggaran.

"Kita harap berjalan secara demokratis, luber, jurdil dan yang paling penting tetap aman COVID," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (ren)

Berita Terkait :
Saksikan Juga