Dukung Pertanian, KemenPUPR Tingkatkan Jaringan Irigasi di Luwu Utara

Dukung Pertanian, KemenPUPR Tingkatkan Jaringan Irigasi di Luwu Utara

Kamis, 6 Agustus 2020 | 00:00 WIB
Oleh :
Luas layanan irigasi lahan pertanian seluas 21.928 hektar.
Dok. Kementerian PUPR.
Photo :

Dok. Kementerian PUPR.

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memperluas cakupan jaringan irigasi induk yang  bersumber dari Bendung Baliase di Kabupaten Luwu Utara.

Langkah ini sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Peningkatan kapasitas saluran irigasi Bendung Baliase untuk memenuhi luas layanan irigasi lahan pertanian seluas 21.928 hektar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan salah satu program prioritas Kementerian PUPR dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Dalam mengelola irigasi, Menteri Basuki menjelaskan  tidak cukup dilihat dari segi teknis, melainkan juga butuh pendekatan budaya, kebiasaan para petani dalam bercocok tanam.

“Jadi harus kita pelajari betul di lapangan, pola perilaku para petani kita. Sehingga kita bisa belajar bagaimana cara membagi air untuk keperluan irigasi,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Berita Terkait :
Saksikan Juga