Ridwan Kamil: Kecepatan COVID-19 di Jawa Barat seperti Motor Balap

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengklaim sebaran virus corona atau COVID-19 di daerah cepat terkendali. Hal itu diyakini karena kecepatan sebaran COVID-19 di Jawa Barat sangat rendah dibandingkan daerah lain.

Ridwan Kamil mengumpamakan kecepatan COVID-19 di Jawa Barat hanya sebatas 500 CC atau setara dengan tenaga motor balap dan sejenisnya.

"Kita sudah tes PCR 160 ribu, tes kami banyak tapi lebih terkendali sehingga si virus itu ada CC nya, di tempat lain 5 ribu CC kalau di Jawa Barat hanya 500," ujar Ridwan Kamil, Kamis 6 Agustus 2020.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Baca juga: Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Buatan China

Bahkan, hingga bulan ini Ridwan Kamil memastikan sebaran COVID-19 hanya terjadi di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi (Bodebek) dan Bandung. Berbeda dengan pedesaan, hingga saat ini hampir mayoritas berada dalam kategori hijau atau tidak ada paparan COVID-19.

"Di kami ini tiap minggu virusnya itu ngumpulnya di Bodebek paling tinggi, Bandung sekali-kali, itu saja. Tapi Indramayu tidak, desa-desa kami tidak sehingga kesimpulannya menangani COVID tidak bisa dipersamakan resepnya," katanya.

Ridwan Kamil menambahkan, pihaknya tengah fokus terhadap pemulihan ekonomi karena situasi menunjukan ekonomi di Jawa Barat maupun Nasional minus.

"Kami masuk tahap 2, kita push kalau caturwulan berikutnya minus lagi nanti kita deklarasi resesi repot. Jadi di daerah kita memperjuangkan itu," lanjut mantan Wali Kota Bandung itu. (ren)

Arsip - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan saat mengevakuasi korban tertimbun material longsor di Kampung Gintung, Desa Cicendo, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu, 27 Maaret 2024.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan

Tim SAR kembali menemukan tiga jasad korban yang tertimbun longsor pada operasi pencarian hari keempat di Bandung Barat dan mendapati dua di antaranya saling berpelukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024