Bebaskan Lahan Kali dan Waduk, Pemprov Jakarta Keluarkan Rp781 Miliar

Ilustrasi waduk
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan waduk dan pembebasan lahan kali di beberapa lokasi di wilayah Ibu Kota. Untuk 2020, DKI berencana untuk melanjutkan pembebasan waduk atau situ embung yang selama ini sudah dibebaskan.

Kemah Jokowi dan Tanah Gusuran Ahok di IKN

"Tinggal ada beberapa bidang yang belum yaitu untuk akses masuk," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Juniani, dikutip dari Chanel Youtube Pemprov DKI Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020.

Baca juga: Rp2,5 Miliar Terhimpun dari Pelanggar PSBB Transisi Jakarta

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Ia merinci, ada lima wilayah yang akan dibangun di antaranya, Waduk Kampung Rambutan, Cimanggis, Pondok Rangon, Brigif, dan Waduk Lebak Bulus. Maka, anggaran untuk membangun waduk dan embung itu mencapai ratusan miliar rupiah.

"Dan total anggaran kami di tahun 2020 ini sekitar Rp229 miliar," katanya.

Jakarta Endemi COVID-19? Ini Kata Wagub Riza

Sementara itu, kata dia, untuk pembebasan lahan di beberapa kali di Ibu Kota yaitu ada lima kali yang utama yang akan dibebaskan, yaitu Kali Ciliwung, Kali Sunter, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, dan Kali Jatikramat.

"Maka, anggaran yang untuk pembebasan lahan totalnya ada Rp552 miliar," ujarnya.

Jika ditotal untuk pembebasan lahan kali, pembebasan lahan untuk waduk dan embung yang direncanakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai ratusan miliar rupiah.

"Jadi untuk total pengadaan lahan di tahun 2020 ini Rp781 miliar," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya