Pasien Meninggal akibat COVID-19 di Jawa Timur Mayoritas Diabetes

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

VIVA – Jawa Timur menjadi provinsi dengan tingkat kematian pasien positif COVID-19 tertinggi secara nasional. Sebanyak 1.834 jiwa dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19, sesuai data Satgas COVID-19 Jawa Timur. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pasien meninggal dunia di wilayahnya akibat COVID-19 sebagian besar disertai komorbid diabetes. Pada hari ini saja ada 17 pasien COVID-19 di Jatim yang meninggal dunia. 

"Di Jawa Timur komorbid paling banyak diabetes. Jadi penyebab kematian tertinggi karena diabetes," kata Khofifah di Malang, Jumat 7 Agustus 2020.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Baca: Khofifah Tak Terima jika Cuma Kematian akibat COVID-19 yang Disorot

Dia berharap kepada warga Jatim bila ada anggota keluarga mereka yang memiliki penyakit diabetes untuk lebih mendapat perhatian khusus agar tidak sampai tertular. Sebab, orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes lebih rentan meninggal dunia karena COVID-19.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Sebagai langkah menekan tingkat kematian akibat COVID-19, Pemprov Jatim membentuk tim audit kematian. Hasilnya, komorbid diabetes penyumbang tertinggi. Khofifah kembali mengimbau warga agar lebih tertib dalam penggunaan masker.

"Bagaimana turunkan angka kematian, bikin tim audit kematian kami temukan kesimpulan kormobid di Jatim tertinggi meninggal dunia karena diabetes. Kita dorong masyarakat kembali diingatkan: kita belum aman, masker cara kita untuk menjaga agar terlindungi," ujar Gubernur Khofifah. (ren)

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024