Istana Minta Jangan Ada Spanduk HUT Kemerdekaan RI Bergambar Jokowi

Presiden Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Pihak Istana Kepresidenan mengimbau kepada masyarakat tak perlu memasang spanduk atau baliho pada perayaan HUT ke-75 RI dengan memampang gambar wajah Presiden Joko Widodo. Menurut Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, sebaiknya apa pun ornamen yang dipasang lebih baik terkait dengan perayaan kemerdekaan saja.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

"Sebaiknya gambar lain," kata Heru saat dihubungi soal gambar Presiden Jokowi itu pada Senin 10 Agustus 2020.

Imbauan ini juga berlaku bagi instansi atau lembaga negara, tegas Heru. Menurut dia, apabila sudah ada ada yang kadung memasang foto Kepala Negara dalam rangka 17 Agustus 2020, maka diminta untuk segera diturunkan.

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

"Diharapkan demikian (turunkan)," ujar Heru.

Heru menyatakan, selain tak tepat, hiasan atau spanduk memperingati kemerdekaan sebaiknya dipasang sesuai tema atau kearifan lokal wilayah masing-masing. Sebelumnya, Istana juga menyatakan bahwa tepat pada 17 Agustus 2020, sirene akan dibunyikan serentak saat detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan RI.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Sirene dibunyikan agar masyarakat turut memperingati hari kemerdekaan ke-75 secara khidmat meski dibatasi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19.

"Pukul 10.17 WIB sirene di seluruh Tanah Air bunyi. Mari kita semua bersikap sempurna, menghormati bendera yang dikibarkan 17 Agustus," kata Heru saat menyampaikan keterangan pers di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2020. (art)

Baca juga: Mengejutkan, Hari Penindakan Ganjil Genap Pengemudi Kebanyakan Taat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya