Pabrik Bioetanol Meledak, Satu Orang Meninggal

Ilusrasi kebakaran hebat terjadi di Rawamangun pada Kamis, 9 Juli 2020.
Sumber :
  • VIVA/ Kenny Putra.

VIVA – Pabrik Bioetanoel milik PT Energi Agro Nusantara (Enero) di Gedek, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dilaporkan meledak pada Senin, 10 Agustus 2020. Ledakan besar ini membuat sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Pabrik BYD di Subang Bisa Bikin 150 Ribu Mobil Listrik per Tahun, Beroperasi di 2026

Dilaporkan peristiwa ledakan ini menyebabkan satu orang meninggal dunia. Beberapa orang dilarikan ke Unit Gawat Darurat RSUD RA Basoeni.

Baca Juga: Gara-gara Masak Air Ditinggal Mandi, Kompor Meleduk di Kebon Jeruk

BYD Akhirnya Punya Lahan 108 Hektar untuk Pabrik di Indonesia

Dari informasi, petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api di sekitar tangki pabrik yang rusak. Diduga tangki ini mengalami kerusakan.

Sebab, sebelumnya dua kali terdengar ledakan besar dari sekitar tangki. Kerasnya ledakan menyebabkan getaran kuat yang berimbas terhadap kerusakan sejumlah rumah warga seperti bagian plafon dan kaca.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dari keterangan salah seorang warga, Ahmad Hasan, peristiwa terjadi pada Senin petang. Saat itu tiba-tiba terdengar ledakan keras.

Selang lima menit kemudian kembali terjadi ledakan. Menurutnya, warga yang tinggal di belakang pabrik pun panik berhamburan untuk menyelamatkan diri. Saat keluar rumah, api sudah terlihat berkobar di sekitar tangki yang sudah rusak.

Untuk memadamkan kobaran api, lebih dari lima mobil pemadam dikerahkan ke lokasi.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti ledakan. Begitupun data jumlah korban yang mengalami luka-luka juga belum diketahui angka persisnya. (ase)

Laporan Handi Firmansyah-tvOne dari Mojokerto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya