Waspada, Abu Vulkanik Gunung Sinabung Berpotensi Berhembus hingga Aceh

Gunung Sinabung erupsi kembali, ketinggian abu mencapai 5 ribu meter
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara kembali terjadi pada Senin, 10 Agustus 2020. Tinggi kolom abu yang teramati mencapai 5.000 meter di atas puncak atau 7.460 meter di atas permukaan laut, dan berpotensi berhembus ke wilayah Aceh.

BMKG: Wilayah DKI Jakarta Bakal Diguyur Hujan Pada Jumat Siang

Kepala Seksie Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh, Zakaria mengatakan, debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara juga terlihat dan terdeteksi bergerak ke arah Barat dan Barat Laut.

“Bila dilihat dari pergerakan atau dengan memperhatikan pergerakan debu vulkanik ini, maka BMKG Aceh memperkirakan debu vulkanik berkemungkinan besar akan masuk ke wilayah kita (Provinsi Aceh),” kata Zakaria saat dikonfirmasi, dikutip Selasa 11 Agustus 2020.

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

Baca juga: Efek Erupsi Sinabung, Lebih 900 Hektare Lahan Pertanian di Karo Rusak

Wilayah- wilayah yang kemungkinan akan berdampak sebaran debu vulkanik antara lain, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya.

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di Bali, Masyarakat Diminta Waspada

“Mayarakat yang kemungkinan terpapar cemaran debu vulkanik tersebut supaya jangan banyak keluar rumah dan selalu memakai masker bila beraktivitas diluar ruangan,” ujar Zakaria.

Sebelumnya, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali alami erupsi pada Senin 10 Agustus 2020 pukul 10:16 WIB.

Atas kondisi tersebut, saat ini Gunung Sinabung berada pada level III atau siaga. Sehingga Masyarakat dan pengunjung diminta untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Lalu, lokasi di dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara diminta untuk mengurangi aktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya