Jawaban Diplomatis Gus Ipul soal Akan Dicalonkan di Pilkada Pasuruan

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (kanan) bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Rabu, 12 Agustus 2020.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Mantan wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menanggapi santai atas isu beredar bahwa dia dicalonkan dalam Pemilikan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pasuruan. Ia berterima kasih karena namanya masih diingat dalam kancah perpolitikan Jawa Timur, kendati itu di daerah yang secara administratif sangat kecil dibandingkan posisinya dulu sebagai orang nomor dua di tingkat provinsi.

Sekjen NU Sebut Surya Paloh Negarawan karena Terima Hasil Pilpres, Layak Ditiru PKB

“Terima kasih masih disebut, terima kasih dieling-eling (diingat-ingat). Onok sing eling aku, maturnuwon, terima kasih sekali dan ini satu kehormatan,” kata Gus Ipul usai peringatan Hari Pramuka bersama Kwarda dan Kwarcab se Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu, 12 Agustus 2020.

Rumor Gus Ipul maju di Pilkada Kota Pasuruan mencuat sejak beberapa pekan lalu. Ia dikabarkan akan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bahkan, rekomendasi PKB disebut sudah jatuh kepadanya.

Bela Gus Ipul, Panglima Santri NU Sindir Cak Imin: Selesai Hajatan, Lapor PBNU Minta Petunjuk

Baca: Ada Gerakan Menangkan Kotak Kosong, Gibran: Masih Ada Calon Independen

Namun Gus Ipul membantah kabar itu, belum ada surat rekomendasi apa pun dan dari partai apa pun kepadanya. “Saya podo karo koen, mek krungu pernyataan tok (Saya sama dengan Anda, hanya dengar dari pernyataan-pernyataan saja),” ujarnya.

Cak Imin Sindir Saipul Makelar NU, Gus Ipul: Saya Enggak Paham

Ditanya apakah siap atau tidak jika memang direkomendasi PKB dan didorong banyak pihak untuk maju di Pilkada Kota Pasuruan? Gus Ipul menjawab, “Pokoknya sekarang saya mengumpulkan saran, mengumpulkan pendapat yang baik-baik sambil nanti menunggu waktu karena masih panjang yang harus dijadikan pertimbangan-pertimbangan. Banyak situasi-kondisi dan lain-lain yang semuanya itu nantinya menjadi dasar bagi keputusan saya.”

Luas wilayah yang lebih kecil dibandingkan jabatan terdahulu yang pernah diduduki bukan pertimbangan utama. Tapi, kata Gus Ipul, yang utama ialah menerima dan merawat kepercayaan yang diberikan masyarakat. “Aku sering sampaikan juga ini bukan masalah besar-kecil di sana atau di sini, tapi soal bagaimana kita bisa menerima kepercayaan itu dengan baik,” ujarnya.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Jatim, Fauzan Fuadi, sebelumnya mengisyaratkan bahwa rekomendasi PKB untuk Pilkada Kota Pasuruan akan jatuh ke Gus Ipul. “[Nama] Gus Ipul muncul dari arus bawah,” katanya kepada wartawan, Selasa, 11 Agustus.

Sementara ini, baru tiga partai politik yang sudah menentukan sikap di Pilkada Pasuruan Kota, yaitu PDIP-Nasdem-Hanura, yang mengusung bakal calon petahana, Teno Prasetyo. Partai lainnya, di antaranya PKB, Golkar, Gerindra, PAN, sampai kini belum menentukan sikap secara resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya