Belasan Santri Ponpes Al-Hikam Depok Terpapar COVID-19

Petugas medis melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) COVID-19. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M N Kanwa

VIVA – Sejumlah santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hikam, Kecamatan Beji, Depok terindikasi COVID-19. Saat ini, mereka menjalani isolasi di salah satu rumah sakit swasta di kota tersebut.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana, mengungkapkan, kasus positif tersebut ditemukan bertahap. Awalnya, ada sekira lima santri yang diduga terjangkit setelah menjalani swab tracing pada 30 Juli 2020.

Baca Juga: Bantuan Modal UMKM Rp2,4 Juta Cair Akhir Agustus 2020

Bangunkan Sahur Gunakan Suara Tak Pantas, Remaja Masjid dan Santri di Tangerang Ribut

Kemudian, pemeriksaan dilanjutkan pada sejumlah santri lainnya yang sempat kontak erat. Saat itu, ada sekira 139 santri yang dites dan ditemukan enam kasus positif pada 2 Agustus 2020.

“Jadi, dengan kasus awal 30 Juli sampai sekarang total kasus menjadi 11 orang,” kata Dadang dikutip pada Rabu 12 Agustus 2020.

Bangunkan Sahur Gunakan Suara Tak Pantas Remaja Masjid dan Santri di Tangerang Ribut

Terkait hal itu, Dadang memastikan, mereka yang terkonfirmasi positif sudah difasilitasi untuk isolasi di Rumah Sakit Citra Medika, Depok. Ia juga mengatakan, pada saat swab pihaknya telah melakukan proses penyuluhan dan dekontaminasi.

“Giat ini didukung Satgas Kampung Siaga COVID-19 RW dan Kelurahan Kukusan untuk melakukan dekontaminasi, memantau proses isolasi mandiri kontak erat dan support logistik,” tuturnya.

Dadang mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus memantau perkembangan kasus di pondok pesantren tersebut. “Saat ini masih dalam pemantauan gugus tugas, camat, lurah, puskesmas, dan Satgas KSC,” ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya