Ustaz yang Wafat saat Sujud Itu Wakil Ketua Muhammadiyah Pekalongan

Wakil Ketua PDM Pekalongan, Ustad Hasan Bisri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Viral di media sosial sebuah video yang merekam seorang pria meninggal dunia ketika sedang beribadah. Beredar informasi bahwa pria yang meninggal dalam posisi sujud itu merupakan tokoh masyarakat organisasi Muhammadiyah Pekalongan.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekalongan, Pasrum Affandi. Dia mengatakan pria dalam video itu adalah Wakil Ketua PDM Pekalongan, Ustaz Hasan Bisri yang meninggal dunia pada 14 Agustus 2020 lalu.

Berani Adang Maling, Karyawan Alfamart di Semarang Naik Jabatan Jadi Kepala Toko

Baca juga: Viral Tokoh Ormas Islam Meninggal Saat Sujud

"Jadi memang sehari-hari beliau bersama kami karena beliau sebagai wakil ketua, sering mewakili saya ketika saya tidak bisa hadir. Beliau ini sering dari masjid ke masjid karena memang berdakwah, jadi kebetulan beliau mau khotbah Jumat, jadi baru satu rakaat saat sedang sujud," kata Pasrum saat dihubungi VIVA, Jumat, 28 Agustus 2020

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Pasrum mengatakan almarhum meninggal dunia saat melaksanakan tugas sebagai khatib di Masjid Al Ashri Pekalongan. Menurutnya, selama ini almarhum yang berusia 61 tahun itu tak pernah mengeluhkan sakit, begitu pun ketika dikonfirmasi kepada pihak keluarga.

"Beliau malah sangat ceria pembawaannya sering humor, jadi kita enggak pernah dengar beliau sakit. Dari pagi itu baru rapat mewakili PDM juga, kemudian sekitar jam 11 pulang sebentar ke rumah untuk persiapan ke masjid. Itu langsung ke masjid, jadi ya semua kami kaget mendengar berita itu karena malamnya juga ada komunikasi," ujar Pasrum.

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Kegiatan sehari-hari almarhum Ustaz Hasan Basri diisi dengan mewakili Muhammadiyah. Sebelumnya, dia bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Agama Kabupaten Batang.

Sebelumnya, video viral tersebut pertama kali diunggah oleh akun Agus Widodo @arwidodo pada Kamis, 27 Agustus 2020. Terlihat Ustaz Hasan Bisri tersebut memakai baju gamis warna putih, peci putih dan serban putih di pundaknya. 

Begitu masuk ke dalam masjid, Ustaz Hasan langsung bersalaman dengan jemaah lain yang ada di pojok ruangan. Kemudian, ia menuju ke depan untuk melaksanakan salat yang diduga salat sunah. Ustaz Hasan meninggal pada posisi sujud yang kedua di rakaat pertama. 

Begitu duduk di antara dua sujud, tiba-tiba Ustaz Hasan tersungkur pada posisi sujud. Lama-lama, ia tergeletak telungkup. Akhirnya, jemaah yang berada di sebelah kanan dan sebelah kirinya pun langsung bergerak meluruskan posisi Ustaz Hasan. Meskipun, ada jemaah yang lagi sujud juga tapi langsung dibatalkannya untuk menolong Ustaz Hasan.

“Masuk Masjid dalam keadaan sehat dan bugar. Wafat ketika sujud sholat. Beliau adalah Ustadz Hasan Bisri. Pimpinan Daerah Muhamadiyah Pekalongan. Husnul khatimah, Insya Allah. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu,” tulis akun Agus Widodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya