Cara Mudah Wisata di Labuan Bajo Kini Tinggal Klik

Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Raden Jihad Akbar

VIVA – Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo mengatakan punya konsep baru dalam mengembangkan Labuan Bajo yaitu dengan Electronic Securing Integrated System (ESIS).

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

ESIS, kata dia merupakan strategi pengembangan destinasi wisata dengan mensinergikan kekuatan pemerintah dan kekuatan sektor swasta, berbasis teknologi informasi (IT) yang modern. 

Baca juga: Pembangunan Destinasi Super Premium di Labuan Bajo Diminta Dipercepat

“Kita tahu, Labuan Bajo merupakan destinasi super premium pertama dan baru satu-satunya di Indonesia. Boleh dibilang, selain Bali, Labuan Bajo adalah destinasi wisata kedua terpopuler di Indonesia. Bukan hanya di kalangan wisatawan nusantara, tapi juga bagi wisatawan mancanegara. Keindahan bertabur di seluruh pulau, di semua pantai, hingga di kedalaman lautan,” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 Agustus 2020.

Liburan Lebaran ke Labuan Bajo: Tak Perlu Khawatir, Ini Jaminan Pemerintah!

Dia menambahkan, wisatawan yang hendak berwisata ke Labuan Bajo, mendapat keleluasaan yang super premium, untuk memilih jenis akomodasi yang sesuai dengan yang mereka inginkan. Ada banyak pilihan destinasi super premium yang sangat patut dikunjungi di Labuan Bajo. Wisatawan leluasa memilih, sesuai dengan lamanya waktu yang mereka alokasikan untuk berwisata serta rentang bujet yang hendak mereka gunakan.

“Kita sebagai wisatawan leluasa merencanakan liburan di Labuan Bajo. Pendekatan secara online itu dilakukan, untuk merespons gaya hidup digital para wisatawan, yang membutuhkan kecepatan informasi untuk liburan yang berkualitas,” kata Bambang.

BMKG Ingatkan Masyarakat NTT Waspada Bibit Siklon Tropis 96S yang Kini di Laut Sawu

Model berwisata secara smart tourism ini, mulai diterapkan sejak 15 Juni 2020 lalu. Dengan demikian, sebelum kita menuju ke Labuan Bajo, wisatawan sudah memilih destinasi apa saja yang hendak kita kunjungi dan jenis akomodasi apa saja yang hendak kita nikmati di sana. Berwisata secara terencana seperti itu adalah layanan premium wisata yang pertama di Indonesia.

“Ini memang pilot project wisata, yang kelak akan diterapkan di berbagai destinasi wisata yang relevan di tanah air. Wisata terencana seperti ini, bukan hanya menguntungkan wisatawan, tapi sekaligus menguntungkan para investor wisata yang ada di Labuan Bajo. Harapan serta kebutuhan wisatawan langsung bisa dipetakan oleh pengelola dan investor wisata, sebelum wisatawan tiba di Labuan Bajo,” ucap dia.

Wakil Bupati Manggarai Heribertus

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

Langkah Bupati Manggarai NTT Heribertus Nabit tengah menuai kecaman karena memecat 249 nakes non ASN.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024