Ratusan Santri Terpapar COVID-19, Pesantren di Banyuwangi Diblokade

Rapid test (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Satuan Tugas COVID-19 Jawa Timur turun tangan ke Kabupaten Banyuwangi untuk menangani kasus kejangkitan COVID-19 di Pondok Pesantren Darussalam Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, kabupaten setempat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut Ketua Tim Tracing Satgas COVID-19 Jatim Kohar Hari Santoso, sudah 4.800 santri di Pesantren Darussalam yang dites swab. Hasilnya, sementara ini sebanyak 539 santri yang positif COVID-19. Jumlah yang positif bisa bertambah. "Hasilnya (tes swab) dua-tiga hari keluar," katanya kepada wartawan pada Selasa, 1 September 2020.

Untuk memutus rantai penularan COVID-19, katanya, tim Satgas memblokade wilayah sekitar Pesantren Darussalam. Seluruh santri yang ada di dalam pesantren menjalani karantina selama 14 hari. Santri yang positif corona diisolasi terpisah. Akses warga dari luar pesantren juga ditutup. "Yang punya komorbid (riwayat penyakit penyerta) dipisahkan," ujarnya.

Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

Baca: 5 Ribu Santri Magetan Masih di Pesantren Usai 43 Positif Corona

Untuk memenuhi semua kebutuhan santri selama karantina, tim Satgas COVID-19 mendirikan dapur umum di sekitar pesantren. "Kemarin Pak Sekdaprov (Heru Tjahjono) sudah ke sana melakukan koordinasi tentang dapur umum, blokade, dan pemeriksaan sudah dilakukan pada seluruh warga pondok," katanya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sedikitnya 539 santri Pesantren Darussalam Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terpapar COVID-19. Mereka yang terpapar mayoritas masih muda, yaitu santri SMP-SMA. Mereka kebanyakan positif corona dalam kategori tanpa gejala (OTG). (ase)

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024