Polri Periksa Kinerja 39 Polres di Polda Jatim

Gedung Mabes Polri
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Mabes Polri, melakukan pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) terkait kinerja administrasi tahap II kepada sejumlah polres di jajaran Polda Jawa Timur.

Ketua Tim Pemeriksa, Komisaris Besar Polisi Susetio Cahyadi mengatakan hasil wasrik ini akan menjadi bahan kajian bagi pimpinan Polri. Tujuannya, untuk mengetahui sejauh mana implementasi kebijakan pimpinan Polri di jajaran Polda Jawa Timur.

Kemudian, Susetio mengatakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan meliputi aspek pelaksanaan serta pengendalian, meliputi bidang manajemen operasional, sumber daya manusia, sarana prasarana dan anggaran.

“Wasrik ini salah satu fungsi pengawasan manajemen intern sebagai alat kontrol terhadap kinerja dan aktivitas organisasi, sesuai tugas pokok dan rencana kerja masing-masing fungsi mewujudkan visi serta misi organisasi,” kata Susetio melalui keterangannya pada Jumat, 4 September 2020.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Baca juga: Din Syamsuddin: KAMI Gerakan Moral Berdimensi Politik

Menurut dia, pihaknya melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai konsultan. Sementara, untuk Polda Jawa Timur terdapat 39 polres dan sejumlah satuan kerja yang menjadi objek pengawasan dan pemeriksaan (wasrik).

“Kegiatan wasrik di jajaran Polda Jatim, sebagai penanggung jawab Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Koordinator dan pengendali Brigjen Agung Wicaksono dan pengawas tim Brigjen Ade Rahmat Suhendi,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada tiga aspek yang menjadi objek pengawasan dan pemeriksaan yakni sejauh mana efektivitas sistem pengendalian intern dilakukan. Kedua, sejauh mana kepatuhan terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ketiga, sejauh mana penerapan prinsip ekonomis, efektif dan efisien, mengukur keberhasilan dan kendala di satuan kewilayahan,” ujarnya.

Satgas Pangan Mabes Polri

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Tim Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terkait stabilisasi harga ketersediaan pangan selama Puasa Ramadan dan jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/202

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024