Gempa 5,2 Skala Richter Guncang Mamuju Tengah

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Minggu malam, 13 September 2020. Dari informasi yang dihimpun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagaimana dilansir laman web resminya, gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter.

Gempa disebut tidak berpotensi tsunami. Dari data tersebut juga menunjukkan pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Adapun lokasi persis gempa terletak pada koordinat 2,03 Lintang Selatan (LS) dan 119,24 Bujur Timur (BT) atau tepatnya di 28 km barat laut Kecamatan Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Lokasi gempa juga tercatat 85 km barat laut dari Kecamatan Luwu Utara, Sulawesi Barat, 85 km timur laut dari Mamaju Sulawesi Barat, 95 km barat daya dari Mamuju Utara, Sulawesi Barat dan
1.454 km timur laut dari Jakarta.

Hingga berita ini diturunkan, belum dilaporkan korban jiwa termasuk dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tim SAR menyusuri pesisir Kepulauan Sitaro untuk mencari dan mengevakuasi warga yang masih tertinggal, ke tempat yang lebih aman dari material erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024