Jokowi Tunjuk 2 Jenderal Eks Kopassus Tangani Daerah Terparah Corona

VIVA Militer: Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI Doni Monardo
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Presiden Jokowi telah memerintahkan dua anak buahnya untuk menekan penularan Covid-19 di delapan wilayah. Keduanya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala BNPB merangkap Ketua Satgas Penangnanan Corona di Tanah Air. 

"Dan menugaskan wakil ketua komite (Satgas) Pak Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Satgas Covid untuk memonitor dan sekaligus melakukan evaluasi," kata Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite dan juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin 14 September 2020.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Baca juga: Jokowi Minta Terawan Audit Protokol Keamanan Rumah Sakit

Pernyataan Airlangga itu dikabarkan usai sejumlah menteri rapat virtual dengan Presiden Jokowi. Delapan wilayah menjadi fokus Luhut dan Doni agar penanganan turut mengedepankan strategi berbasis lokal.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Oleh karena itu, presiden meminta dalam dua minggu ini dikoordinasikan dan dikonsentrasi lebih khusus di 8 wilayah yang terdampak lebih besar kenaikannya," ujar Airlangga.

Berdasarkan catatan yang dihimpun VIVA, dua jenderal asal satuan Kopassus tersebut bakal memelototi sejumlah daerah dengan angka kasus positif tertinggi di Tanah Air. Diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan. Kelima daerah per data terakhir, Minggu 13 September 2020 menjadi provinsi paling besar menyumbangkan angka positif secara nasional.

Dikutip dari beberapa sumber, Luhut Panjaitan pernah menjadi Komandan pertama Sat-81 Gultor, satuan khusus penanggulangan teror yang dimiliki oleh Korps Baret Merah. Namun, Luhut tak pernah menjadi Danjen Kopassus.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Sementara Doni, Penempatan dinas pertama langsung pada Komando Pasukan Khusus atau Kopassus tahun 1986 sampai dengan 1998. Selama di Kopassus dia pernah ditugaskan ke Timor Timur, Aceh dan daerah lainnya hingga akhirnya mendapuknya jabatan Danjen Kopassus.

Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024