Hotel-hotel Grup Accor, Novotel, Ibis Jadi Tempat Isolasi OTG COVID-19

Novotel Jakarta Gajah Mada
Sumber :
  • www.novotel.com

VIVA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut jaringan grup hotel besar bakal meminjamkan unit usaha mereka untuk tempat isolasi pasien COVID-19 dengan kondisi ringan dan tanpa gejala (OTG) di Jakarta. Mereka adalah hotel-hotel dengan nama besar seperti grup Accor, Novotel, Ibis, Harris dan Tauzia.

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

"Hotel dapat digunakan untuk isolasi mandiri para OTG (orang tanpa gejala). Ada 10 hotel sampai 15 hotel dengan kapasitas 1.500 kamar atau 3.000 orang kami siapkan," kata Terawan usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Jakarta pada Senin 14 September 2020.

Selain hotel, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi sebelumnya, fasilitas lain yang digunakan adalah gedung balai pelatihan milik Kementerian Kesehatan. Menurut Terawan, untuk hotel, daerah juga bisa mengajukan selama mendapat persetujuan dari Satuan Tugas Nasional.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Baca juga: Mahfud MD Minta BIN Turun Tangan Usut Penusukan Syekh Ali Jaber

Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ini juga menyebutkan, jumlah hotel bisa ditambah jika diperlukan.

Harap Tak Aji Mumpung, PHRI Batasi Kenaikan Harga Hotel di Yogyakarta

"Selain untuk isolasi pasien gejala ringan dan tidak bergejala juga disiapkan untuk tempat perawatan pasien gejala sedang sampai berat," tuturnya.

Terawan melanjutkan, kapasitas ruang tidur rumah sakit di Jakarta masih mampu menampung pasien COVID-19 dengan berbagai gejala. Termasuk ruangan instalasi rawat intensif atau ICU yang belakangan menjadi pembicaraan oleh masyarakat.

"Terdapat ruang ICU kosong 115 tempat dari 584 tempat tidur ICU yang ada. Dan dalam beberapa hari ke depan dapat ditambah 138 tempat tidur ICU, sehingga total menjadi 722 tempat tidur," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya