Satu Pedagang di Pasar Beringharjo Positif COVID-19

Pasar Beringharjo, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi.

VIVA - Seorang pedagang di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, dilaporkan positif COVID-19. Pedagang ini dilaporkan positif COVID-19 pada Senin, 14 September 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menuturkan jika pedagang yang positif virus COVID-19 biasa berjualan di sisi timur Pasar Beringharjo. Pedagang, lanjut Heroe, biasa berjualan nangka muda atau gori.

Baca juga: Ridwan Kamil Optimistis Vaksin Sinovac jadi Endgame Lawan COVID-19

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Heroe merinci pedagang ini diketahui positif COVID-19 karena mengalami gejala batuk. Pedagang kemudian menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.

Dari hasil reaktif, pedagang kemudian menjalani tes lanjutan yaitu swab test. Dari hasil swab test diketahui pedagang ini positif COVID-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Hari ini ada satu pedagang Beringharjo Timur yang jualan kebutuhan pokok sayur mayur positif (corona). Pedagang ini mengalami gejala batuk," ujar Heroe, Senin, 14 September 2020.

"Pedagang pada akhir Agustus diminta istirahat di rumah. Kemudian rapid test reaktif dan ikut swab hasilnya positif dan semalam diinformasikan ke Disperindag," lanjut Heroe.

Merespons temuan ini, sambung Heroe, Pemkot Yogyakarta pun melakukan sterilisasi di lapak pedagang. Sterilisasi akan dilanjutkan pada Selasa, 15 September 2020, di seluruh sisi timur Pasar Beringharjo.

"Tadi sekitar lapaknya (pasien) didisinfektasi. Dan besok Pasar Beringharjo Timur yang jualan kebutuhan pokok disemprot seluruhnya," kata Heroe.

Heroe menambahkan dari hasil tracing diketahui ada 18 kontak erat pedagang tersebut. Direncanakan 18 orang kontak erat akan menjalani swab test.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya