Gibran Dinyatakan Lulus Tes Kesehatan Syarat Jadi Calon Wali Kota Solo

Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa, saat menerima dokumen hasil pemeriksaan kesehatan keduanya dari KPU setempat Senin, 14 September 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Kota Solo mengumumkan hasil tes kesehatan untuk para kandidat dalam pilkada kota itu. Ada dua pasang bakal calon yang dinyatakan lulus pemeriksaan kesehatan, yakni Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo).

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

"Berdasar hasil tes kesehatan, dua pasang bakal calon sehat dan cukup umur untuk maju dalam pemilihan kepala daerah," kata Ketua KPU Kota Solo Nurul Sutarti dalam rapat pleno KPU Kota Solo, Senin, 14 September 2020.

Dua pasang bakal calon menjalani tes kesehatan di RSUD dr Moewardi Solo pada Selasa-Rabu, 8-9 September. Mereka diperiksa tiga jenis, yakni jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Berdasar hasil ketiganya, masing-masing dinyatakan sehat dan cukup umur untuk mencalonkan.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Baca: Gaya Santai Gibran dan Kantong Misterius Tentengannya di Tes Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan meliputi echocardiology, treadmil, USG carotis, bedah onkologi dan urologi. Selain itu juga tes psikologi dan bebas narkoba. Pemeriksaan melibatkan Badan Narkotika Nasional, Ikatan Dokter Indonesia, dan Himpunan Psikologi Seluruh Indonesia.

Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

Tes kesehatan sekarang berbeda dengan pemeriksaan kesehatan dalam pilkada pada lima tahun lalu. Dalam pemeriksaan kesehatan tahun ini KPU hanya mendapat berita acara hasil pemeriksaan dari tim pemeriksa, sementara pada lima tahun lalu memperoleh dokumen pemeriksaan lengkap dengan hasil rekam medis. (ase)

Suwardi, Peneliti Solo Raya Polling

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Selain itu, ada juga KGPAA Mangkunegara X hingga Yashinta Sekarwangi Mega masuk bursa calon Wali Kota Solo.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024