Mahfud MD Ajak Masyarakat Gunakan Vaksin Alami Cegah COVID-19

Menkopolhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.

VIVA – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta seluruh entitas yang terlibat dalam pengelolaan perbatasan negara untuk memperketat pelayanan dan pengawasan. Termasuk dengan mengikuti protokol COVID-19.

TKN Sebut Ada Parpol Pengusung Anies dan Ganjar Segera Gabung ke Prabowo-Gibran

"Seluruh petugas pelayanan yang tercepat beserta pelintas agar mematuhi 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta berperilaku hidup sehat," kata Mahfud pada webinar nasional terkait perbatasan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis 17 September 2020.

Mahfud kembali mengingatkan tentang dua hal yang mesti dilakukan dalam menangani COVID-19, yaitu melalui upaya pencegahan dan melalui pengobatan.

Partai Koalisi Ganjar-Mahfud Md sedang Bahas Langkah Politik usai Putusan MK

Untuk itu, Mahfud terus mengajak masyarakat agar mematuhi protokol 3M, terutama memakai masker. Karena dengan memakai masker, katanya, bisa memperkecil risiko penularan. 

"Kalau tidak memakai masker maka kita bisa menulari orang lain atau bisa ditulari oleh orang lain," ujar Mahfud.

Mahfud MD Sebut Pertama Dalam Sejarah Putusan Sengketa Pilpres Ada Perbedaan Pendapat Hakim

Mahfud menegaskan hingga saat ini Pemerintah juga terus melakukan upaya pengobatan dalam penanganan CoOVID-19. Namun, Mahfud kembali menekankan agar upaya pencegahan lebih diutamakan. 

Sementara terkait pencegahan, menurut Mahfud, upaya yang paling tepat yaitu dengan vaksinasi. Tetapi, sementara vaksin ilmiah masih belum tersedia, maka harus menggunakan vaksin alami.

"Tetapi karena sekarang ini proses vaksin secara ilmiah masih terus dikaji pemerintah, maka kita harus menggunakan vaksin alami. Vaksin alami yang sekarang ada itu adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ucap Mahfud. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya