Ridwan Kamil Larang Warga Jabar Pakai Masker Scuba

Larangan penggunaan masker scuba dan buff
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri tidak menggunakan masker scuba dan masker buff. Masker jenis itu dianggap tidak efektif menangkal sebaran virus corona (COVID-19).

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Terutama bagi warga yang berdomisili di Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dilarang keras menggunakan masker bahan tersebut.

"Dahulu scuba oke (dipakai) karena mudah dan murah, sekarang tidak boleh ya. Sudah menyesuaikan atau beradaptasi saja, karena ini bagian dari AKB," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat pada Kamis, 17 September 2020.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Menurutnya, penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari pada masa pandemi harus menjadi kebiasaan pokok. "Dahulu yang pakai masker hanya untuk yang sakit, setelah direvisi ternyata untuk (dipakai) orang yang sehat juga," ujarnya.

Baca juga: Rinaldi Korban Mutilasi di Kalibata City Lulusan UGM, S2-S3 di Jepang

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Diketahui, penggunaan masker merupakan satu dari tiga protokol kesehatan 3M. Dua hal lainnya adalah menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Dari tiga cara pencegahan penularan COVID-19 itu, penggunaan masker dinilai paling penting dan efektif, asalkan masker yang dipakai sesuai dengan jenis masker yang efektif mencegah penularan virus. Masker yang layak antara lain masker bedah atau masker medis dan masker kain tiga lapis. (ase)

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024