4 Kota di Indonesia Penyumbang Kematian Terbanyak akibat COVID-19

Satgas COVID-19 mengoperasikan drone untuk memantau OTG Corona di jakarta
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memberi perhatian kepada empat kota besar di Indonesia. Empat kota itu adalah Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Dari data yang ada, kota-kota tersebut dilaporkan menyumbangkan angka kematian kumulatif dan laju tertinggi akibat virus Corona COVID-19.

Demam Berdarah Makin Menggila! Lindungi Diri dengan 5 Makanan ini

"Kepada empat kota ini yaitu Surabaya, Semarang, Jakarta Pusat dan Makassar agar betul-betul dapat menurunkan jumlah kumulatif kematian dan laju kematiannya," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Jakarta pada Kamis 17 September 2020.

Wiku mengatakan, laju kematian tertinggi dihitung per 100 ribu penduduk. Diharapkan para kepala daerah secara rutin memantau angka "mengerikan" ini. Pesan juga disampaikan kepada masyarakat agar betul-betul menjalankan protokol kesehatan.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Baca juga: Darah Rinaldi Korban Mutilasi Bermuncratan, Pembunuh Cat Ulang Dinding

"Pelayanan kesehatan yang baik, penanganan yang tepat dan cepat pada kasus COVID-19 terutama pada usia rentan dan gejala berat adalah kunci menekan angka kematian," ujar dia.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Pada kesempatan itu, Wiku juga menyampaikan bahwa 11 kabupaten/ kota yang memiliki kasus positif lebih 1.000. Selain empat kota tersebut ada juga Kota Bekasi, Medan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi, dan Pekanbaru yang jadi perhatian. Menurut dia, jika proses penyembuhan dan penanganan berjalan baik di setiap wilayah otomatis akan berpengaruh pada perkembangan kasus.

"Dari segi demografi kabupaten, kota ini memang kabupaten kota dengan jumlah penduduk yang padat dan merupakan kota besar. Kasus ini menyumbang 26 persen dari total kasus aktif di Indonesia saat ini," tuturnya. (art)

Lee Sun Kyun

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Kabar duka datang dari keluarga mendiang Lee Sun Kyun aktor Korea Selatan yang telah meninggal dunia beberapa bulan lalu. Pada 27 Maret, ayah Lee Su Kyun meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024