Daripada Rekrut Preman, DPR Setuju Kapolri Bentuk Pam Swakarsa

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan pimpinan Djan Faridz, Achmad Dimyati Natakusumah.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Achmad Dimyati Natakusumah turut merespons mengenai pembentukan Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) yang dilakukan oleh Polri. Dimyati mengaku setuju dengan hal itu, namun proses pelaksanaan mulai dari perekrutan dan pengawasannya juga dilakukan dengan baik.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Jika memang tujuannya untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, Pam Swakarsa dinilai lebih baik. Daripada usulan sebelumnya yang dicetuskan yakni merekrut para preman pasar.

"Tujuan kapolri bagus itu. Kalau saya sih mendukung ya, apa yang disampaikan pak kapolri itu. Tapi kalau jeger, preman, dijadiin itu, nah itu tunda dululah," kata Dimyati kepada wartawan Jumat 18 September 2020.

Ini Sejumlah Potensi Kerawanan Saat Masa Mudik Lebaran yang Dipantau Polri

Baca juga: Arteria Dahlan Sarankan Diksi Pam Swakarsa Diganti

Menurut Dimyati, Pam Swakarsa memang dulu pernah ada. Namun, dia meyakini, Pam Swakarsa yang dibentuk Polri pada saat ini akan lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya.

Polri Telah Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pantura Saat Arus Mudik 2024

"Jadi Pam Swakarsa ini kan sudah dari dulu sudah ada, ya. Kalau menurut saya bagus sih mendidik sekuriti, pamdal, terus satpam, keamanan. Yang penting rekrutmennya yang benar, jangan sampai orang-orang yang residivis atau orang-orang yang melakukan delik atau kejahatan," tuturnya.

Jika dilihat dari apa yang dipaparkan oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, maka Pam Swakarsa yang dibentuk akan sangat membantu membuat kondisi masyarakat menjadi lebih tertib dan keamanan juga dapat terjaga.

"Saya lihat kan juga membantu untuk ronda, untuk keamanan kampung, kalau di Bali itu kan ada seperti keamanan adat (pecalang), ada di sana. Nah, Pam Swakarsa ini bagus, kan dididik, kalau polisi punya kemauan begitu bagus itu," ujar Dimyati. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya