Mantan Bupati Gresik Robbach Ma'shum Meninggal Dunia

Ilustrasi papan bunga turut berduka cita bagi tokoh yang meninggal dunia
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Mantan Bupati Gresik Robbach Ma'shum meninggal dunia di rumahnya Perumahan Gresik Kota Baru, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Selasa pagi, 22 September 2020. Ia mengembuskan napas terakhir di usia 77 tahun. Belum diterima informasi apa penyebab meninggalnya mantan ketua Nahdlatul Ulama Gresik itu.

Terungkap! Ini Hasil Autopsi Kematian Park Boram

Kabar meninggalnya Robbach tersiar luas di grup-grup WhatsApp di Jatim sejak pagi. Ia dikabarkan meninggal sehabis subuh, sekira pukul 05.00 WIB. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, telah meninggal dunia salah satu senior pergerakan, sahabat KH Robbah Maksum (mantan Bupati Gresik), semoga mulia dan bahagia disisiNya. Aamin," informasi di grup WhatsApp lingkungan NU Jatim.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Gresik, Reza Pahlevi, membenarkan kabar duka itu. Ia mengatakan, beberapa pejabat pemerintah melakukan takziah ke rumah duka. Atas meninggalnya Robbach, pemerintah Gresik menyampaikan turut berduka cita.

Korban Meninggal akibat Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Baca: Bupati Tanah Datar Irdiansyah Tarmizi Meninggal Dunia

Robbach Ma'shum adalah bupati Gresik periode 2000-2005. Sebelumnya, ia merupakan Ketua DPRD Gresik dari Partai Kebangkitan Bangsa periode 1999-2000. Alumnus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu juga pernah menjadi ketua NU Gresik. Sebelum berkiprah ke dunia politik, ia aktif sebagai pengajar di IAIN Sunan Ampel Surabaya dan sejumlah madrasah.

Bikin Mewek! Ini Isi Percakapan Istri dan Babe Cabita Dua Hari Sebelum Meninggal

Pengalamannya sebagai politikus dan pendidik menjadikan almarhum sebagai jujukan para politikus dan kader penggerak muda di Jawa Timur, terutama daerah sekitar Gresik. Ia mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dalam pemiu presiden 2019. Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Khofifah-Emil Dardak juga sowan kepadanya meminta restu dan dukungan. (ren)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024