Firli Bahuri Lantik Jenderal Polisi Jadi Direktur Penyidikan Baru KPK

Brigjen Pol Setyo Budianto dilantik sebagai Direktur Penyidikan KPK
Sumber :
  • KPK RI

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri melantik sejumlah pejabat baru di KPK. Satu di antaranya adalah Brigjen Pol Setyo Budianto sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Firli yang kemudian diikuti para pejabat yang dilantik di kantor KPK, Jl Kuningan Persada Jakarta Selatan, Selasa, 22 September 2020.

Baca: Dominasi Polisi di Jabatan-jabatan Teras KPK

Didesak Tahan Firli Bahuri, Irjen Karyoto Bilang Begini

Dalam pembacaan sumpah tersebut termuat larangan supaya pejabat baru tidak menerima pemberian sesuatu apapun dari pihak yang diduga kuat terkait dengan perkara yang sedang ditangani KPK.

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," begitu sumpah yang dibacakan Firli yang diikuti para pejabat baru KPK.

Jamin Kasus Firli Bahuri Bakal Tuntas, Irjen Karyoto: Tunggu Tanggal Mainnya

"Bahwa dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan. Bahwa saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat untuk kepentingan negara," sambungnya.

Setyo terpilih menjadi Direktur Penyidikan KPK, menyingkirkan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Didik Agung Widjanarko dan Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Nazirwan Adji Wibowo dalam tahap seleksi.

Setyo sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Pelaksana Tugas Dirdik KPK.

Selain dia, Firli juga melantik sejumlah pejabat lainnya. Mereka adalah Direktur Pengaduan Masyarakat yang diisi oleh Tomi Murtomo dari internal KPK; dan Direktur Pengolahan Informasi dan Data yang diisi oleh Riki Arif Gunawan dari Kemenkominfo.

Kemudian, posisi Koordinator Wilayah KPK yakni dari internal KPK ada Asep Rahmat Suwanda; Aminudin; Budi Waluya; dan Aida Ratna Zulaiha.

Sedangkan dari unsur Polri ada Didik Agung Widjanarko; Agung Yudha Wibowo; Bahtiar Ujang Purnama; Kumbul Kuswijanto Sudjadi; dan Yudhiawan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya