KPK Pastikan Sidang Vonis Etik Firli Bahuri Digelar Terbuka

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan membuka akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dengan menggelar sidang putusan dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Firli Bahuri oleh Dewan Pengawas (Dewas). Menurut jadwal, sidang ini digelar pada Kamis, 24 September 2020.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengungkapkan, merujuk Pasal 8 ayat 1 Peraturan KPK Nomor 3 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Persidangan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK maka pembacaan putusan tersebut dilakukan secara terbuka. Namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan dan mitigasi risiko terkait pandemi COVID-19.

“KPK juga memfasilitasi peliputan media dengan cara akan ada dua unit monitor tv di lobI (KPK) yang akan menyiarkan secara langsung jalannya persidangan,” kata Ali dikonfirmasi awak media, Rabu, 23 September 2020.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp50 Miliar

Baca juga: ICW Wanti-wanti Jangan Ada Intervensi Sidang Etik Firli Bahuri

Selain itu, Dewas juga mempersilahkan sejumlah perwakilan media bisa masuk ruang persidangan nantinya, guna kepentingan penyiaran.

“Untuk menghindari penyebaran COVID-19 dengan meminimalisir kontak dan potensi kerumunan, KPK juga akan menyediakan foto dan video release setelah sidang selesai,” kata Ali.

Ali pun menegaskan sidang tetap digelar sesuai jadwal meskipun salah satu anggota Dewan Pengawas KPK, Syamsuddin Haris dinyatakan positif COVID-19.

"Sidang putusan dengan terperiksa FB (Firli Bahuri) Kamis, 24 September 2020. Pukul 09.00 wib sampai selesai," kata Ali. (ren)

Cerita Ajudan soal Pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Firli Bahuri di Villa Galaxy Bekasi
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

Berkas kasus dugaan pemerasan dengan tersangka mantan Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Firli Bahuri hingga kini belum ada kejelasan. Bagaimana kabarnya? Kepala S

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024