FOTO: Eksekusi Mati Kartosoewirjo

Kartosoewirjo menuju tiang penembakan
Sumber :
  • Fadli Zon Library

VIVAnews - Persis 50 tahun lalu, tepatnya 5 September 1962, ulama kharismatik Kartosoewirjo dieksekusi mati. Pimpinan sekaligus pendiri Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) itu tewas di usia 57 tahun setelah pasukan militer melepaskan peluru ke tubuhnya.

Setelah puluhan tahun berselang, tak ada bukti-bukti atau gambar yang memperlihatkan detik-detik terakhir eksekusi pria bernama lengkap Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

Adalah Ketua Alumni Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Fadli Zon, yang memperlihatkan 81 foto menjelang eksekusi Kartosoewirjo itu.

Melalui sebuah bukunya, "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati imam DI/TII", Fadli Zon ingin memperlihatkan kepada masyarakat detik-detik terakhir sebelum Kartosoewirjo dieksekusi.

"Sebuah cerita yang tidak bisa kita tangkap kecuali dengan melihat arsip foto detik terakhir eksekusi mati Kartosoewirjo," kata Fadli Zon dalam bedah bukunya di Galery Cipta II, TIM, Cikini, Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Menurut Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini, dalam berbagai karya tulis mengenai Kartosoewirjo yang telah ada, sangat sedikit sekali bukti foto yang ditampilkan. Apalagi detik terakhir tokoh DI/TII itu ketika menjalani eksekusi mati.

Padahal, kata Fadli Zon, arsip foto adalah kekayaan yang sangat berharga dalam pengembangan sejarah. "Minimnya publikasi foto Kartosoewirjo tidaklah mengherankan, karena memang sangat sulit untuk memperolehnya," ujarnya.

Fadli Zon mengaku, foto-foto tersebut dibelinya dari seorang kolektor dua tahun lalu. Sayangnya, Fadli menutup rapat identitas kolektor pemilik 81 foto Kartosoewirjo itu. Berapa harganya? Fadli juga enggan membocorkan.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Saat gambar itu didapat, foto-foto sudah dilengkapi dengan keterangan di masing-masing foto.  Foto yang didapat itu dari saat Kartosoewirjo makan siang sampai dieksekusi mati. Lihat foto-fotonya (umi)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024