"Jangan Panik dengan Aktivitas Anak Krakatau"

Gunung Anak Krakatau
Sumber :
  • http://www.dulang777.com

VIVAnews - Masyarakat diminta tidak cemas serta panik terkait aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda. Sejauh ini, aktivitas gunung tersebut tidak menunjukan peningkatan yang signifikan.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Sejak tahun 2012 sampai sekarang status Anak Krakatau masih Waspada Level II. "Sampai hari ini dari pengamatan aktivitas vulkanik Anak Krakatau masih normal," ujar Kepala Pos Pengamatan Anak Krakatau Anton Pambudi kepada VIVAnews, Senin 17 Februari 2014.

Dari pemantauan terakhir, 16 Februari 2014, aktivitas vulkanik Anak Krakatau ditandai dengan 34 kegempaan terdiri dari  1 kali gempa vulkanik A atau dalam, 31 kali vulkanik B atau dangkal, 1 kali hembusan, serta mengalami 1 kali gempa tektonik. Aktivitas-aktivitas ini tergolong normal dari sebuah gunung api.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi juga sudah mengeluarkan rekomendasi supaya masyarakat menjauh satu kilometer dari puncak. "Alat pantau yang berada di Anak Krakatau pun kondisinya baik," ujar Anton.

Tahun lalu, PVMBG menambah dua alat sensor getaran (seismometer) yang biasanya dipergunakan untuk mendeteksi gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Alat itu dipasang di pantai Anak Krakatau dan Pulau Panjang.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sementara dua alat lama yang sudah terpasang sebelumnya, berada di punggungan bukit Anak Krakatau dan di jalur lava. (umi)

Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024