Nazaruddin: Eks Menpora Kecipratan Rp5 Miliar dari Permai Grup

Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVAnews
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
- Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengakui Mindo Rosalina Manulang yang saat itu menjabat Direktur Marketing PT Anugerah Nusantara telah mengeluarkan uang sebesar Rp19 miliar untuk kelancaran proyek Hambalang.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

"Iya untuk Hambalang, kata Anas uang tersebut mau dikasih ke DPR, itu yang urus Wafid Muharam saja yang mengkordinasikanya," kata Nazarudin saat bersaksi di pengadilan Tipikor dengan terdakwa Andi Alfian Mallarangeng, Jakarta 11 Juni 2014.
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya


Nazaruddin kemudian menjelaskan, uang tersebut akhirnya dibagi-bagikan kepada sejumlah pihak. Nazaruddin mengklaim tidak terlalu hafal kepada siapa saja uang tersebut dibagikan, karena tidak semua uang tersebut diberikan di hadapannya.


"Ya diberikan kepada Kepala BPN Joyo Winoto untuk kelancaran tanah Rp3 miliar, kemudian ke Kemenpora, katanya untuk panitia dan pejabat di Kemenpora, katanya untuk menteri persisnya lupa. Menteri Rp5 miliar, Mirwan Amir Rp2 miliar, Anggelina Sondakh Rp2 miliar," bebernya.


Mantan Menpora, Andi Mallarangeng sudah berkali-kali membantah tudingan Nazaruddin bahwa telah menerima uang melalui stafnya. Dia juga mengaku tidak tahu bila adiknya, Choel Mallarangeng, disebut meminta komitmen
fee
sebesar 18 persen dari PT Adhi Karya terkait proyek Hambalang.


" oleh staf maupun adik saya. Dan adik saya tidak juga pernah melaporkan kepada saya," kata Andi Malarangeng saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Selasa 7 Januari 2014.



Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi, Abdul Basyir lantas bertanya terkait asal-usul uang yang digunakan untuk mengurus kelancaran proyek Hambalang. Menurut Nazar, uang tersebut berasal dari Permai Grup.


"Sumber dari Permai Grup, dan Mahfud Suroso Dutasari. Kantongnya berbeda tapi dua-duannya punya Anas ," ujar Nazar. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya