Terima Bintang Adipura dari SBY, Xanana Menangis

SBY dan Xanana Gusmao
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVAnews - Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao terharu ketika menerima penghargaan Bintang Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini, Jumat 10 Oktober 2014. Penganugerahan Bintang Adipura ini adalah penghargaan tertinggi Presiden RI kepada pemimpin negara asing.
5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Penghargaan itu diberikan atas kontribusi dalam kerja sama bilateral terutama di bidang perdagangan, keamanan di bidang terorisme serta bidang stabilitas dan kerja sama kawasan.
Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Saat memberikan pidato usai menerima penghargaan itu, Xanana sempat terbata-bata ketika mengenang sebuah peristiwa pada 2002. SBY yang saat itu masih menjadi menteri politik hukum dan HAM memanggilnya untuk menjadi Presiden Timur Leste.
Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Saat itu, kata Xanana, SBY mengatakan, "Kami membutuhkanmu, setidaknya dalam lima tahun. Karena kami percaya bahwa jika Anda menjadi Presiden Timor Leste, kita dapat bekerja sama membangun hubungan baru antara dua orang dan dua negara," kata Xanana menirukan pernyataan SBY, sambil terisak.

Sementara itu, hari ini, kata dia, Indonesia dan Timor Leste memiliki semangat persaudaraan yang kuat. "Saya berharap dari lubuk hati yang paling dalam, ini akan menjadi hubungan yang solid antara dua negara dan dua orang," ujar dia.

Selain Xanana, SBY juga memberi penghargaan Bintang Adipura kepada Presiden Filipina, Benigno S Aquino III. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya