Pimpinan KPK Akan Bertemu Wakapolri, Ini yang Dibahas

Taufiequrachman Ruki dan Badrodin Haiti di Pelantikan Pimpinan Sementara KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Para Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi termasuk Pelaksana Tugas Pimpinan yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo pagi tadi, Jumat 20 Februari 2015, langsung menggelar pertemuan internal.

Pertemuan seluruh pimpinan dengan pejabat struktural dan penyidik KPK itu menetapkan beberapa hasil. Salah satunya, perwakilan dari pimpinan KPK akan segera menemui Wakapolri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri.

"Membicarakan masalah-masalah, terutama hubungan antara KPK dan Polri serta penanganan kasus-kasus yang terkait antara KPK dan Polri," kata Plt Ketua KPK, Taufiqurrachman Ruki, di Gedung KPK, Jakarta.

Meski demikian, Ruki enggan mengungkapkan secara detail perkara-perkara yang dimaksud. Apakah akan membahas perkara yang melibatkan pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, atau tidak.

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

Namun dia tidak menampik saat disinggung pertemuan nanti akan membahas soal pelaporan terhadap 21 penyidik KPK.

"Termasuk salah satu yang kita bahas. Termasuk rencana saya adalah bagaimana membuat posisi penyidik lebih banyak lagi," ujar Ruki.

Pagi tadi Presiden Joko Widodo melantik tiga Plt pimpinan KPK di Istana Negara, Jakarta. Ketiga orang itu ditunjuk berdasarkan Keputusan Presiden.

Pertama, Jokowi mengeluarkan Keppres Nomor 14P Tahun 2015 untuk mengangkat Taufiqurrahman Ruki yang menggantikan Abraham Samad sebagai Ketua KPK sementara.

Kedua, Jokowi juga mengeluarkan Keppres nomor 15P Tahun 2015 untuk mengangkat Johan Budi SP sebagai Wakil Ketua KPK sementara menggantikan Bambang Widjojanto.

Serta ketiga, Jokowi mengeluarkan Keppres Nomor 16P Tahun 2015 untuk mengangkat Indriyanto Seno Adji sebagai Wakil Ketua KPK sementara menggantikan Busyro Muqqodas.

Di hadapan Jokowi, mereka kemudian bersumpah untuk sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Mereka juga berjanji tidak memberikan apa pun kepada siapa pun.

Baca juga:

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'

Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016