Menteri Pendidikan: Sekolah Tak Lagi Tempat Menyenangkan

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengingatkan ajaran penting Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional dan tokoh pendidikan. Salah satu ajarannya ialah lembaga pendidikan seharusnya menjadi taman atau tempat yang menyenangkan bagi para siswa.

Sistem 'Full Day School' Dinilai Cocok Hanya untuk SMA

Ki Hajar Dewantara membayangkan semua orang, termasuk anak-anak, menyukai taman dan senang bermain di sana. Begitu juga seharusnya lembaga pendidikan sekolah, menjadi seperti taman yang menyenangkan, sehingga para siswa senang pergi dan berada di sekolah.
Mendikbud Anteng Kena 'Bully' Soal Full Day School


"Taman sebagai analogi, taman itu buat anak datang menyenangkan, datang ke taman senang hati, saat di taman senang hati, tetapi saat meninggalkan taman sangat berat hati," kata Menteri di Jakarta, Rabu, 30 April 2015.


Sayanganya situasi yang diimpikan Ki Hajar Dewantara belum terwujud sekarang. Menurut Menteri, sekolah tidak seperti taman sehingga bukan tempat yang menyenangkan.


"Coba kita lihat saat ini, malah terbalik, siswa datang berat hati, saat di sekolah berat hati, tetapi saat pulang sekolah sangat senang hati," ujarnya.


Menjelang peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei, Menteri mengimbau para guru atau pendidik berlaku hal serupa. “Jadilah guru yang menyenangkan, karena para siswa suka pelajaran karena faktor guru, bukan faktor buku atau pelajarannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya