Kemenkes Akan Cek TKI Terjangkit MERS di Korsel

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek akan mengecek terkait kabar lima tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terkena virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Korea Selatan.

Deretan Virus Mematikan yang Menggemparkan Dunia

"Sedang kami cek infonya (TKI terjangkit MERS)," ujar Nila di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa, 30 Juni 2015.

Menurut Nila, pemerintahan Korsel sudah berupaya mencegah adanya penularan virus MERS. Karena itu ia berharap kelima TKI tersebut tak benar-benar terjangkit virus berbahaya tersebut.

Sempat Sembuh, Pria Korsel Kembali Terjangkit MERS

"Di Korea Selatan sudah tutup daerah-daerah dan rumah sakit yang terjangkit MERS. Kalau kita tidak ke sana ya tidak kena," ujarnya menambahkan.

Guna mengantisipasi kemungkinan masuknya MERS ke Indonesia, Nila tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan virus tersebut.  Khususnya bagi mereka yang akan berpergian ke luar negeri dan naik haji.

Jemaah Kloter 1 Embarkasi Lombok Diduga Bawa Virus MERS

"Cuci tangan pakai sabun yang bersih, pakai masker untuk menghindari polusi. Kalau kondisi kesehatan menurun, terutama orang tua yang kena sakit gula atau hipertensi lebih cepat kenanya. Di Korea yang meninggal orang tua. Yang muda juga jangan lupa, jaga kondisi fisik kita," ujarnya menerangkan.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid, sempat melontarkan kabar bahwa ada lima orang TKI yang kini sedang terjangkit MERS di Korea Selatan.

Tak dijelaskan rinci siapa saja kelima TKI tersebut. Namun, Nusron mengaku hanya bisa melakukan tindakan preventif bagi calon TKI yang hendak diberangkatkan ke luar negeri.

(mus)

Dianty Winda/Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya