Masjid Baiturrahman Aceh akan Disulap Seperti Masjid Nabawi

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, saat malam hari.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zulfikar Husein
VIVA.co.id
Eks Petinggi GAM Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Saudi
- Pemerintah Aceh berencana memperluas Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Halaman Masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini nantinya dibangun dengan berbagai fasilitas baru untuk kebutuhan para pengujung.

Teluk Jantang, Tempat Tuhan Menitipkan Senyumnya
Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, pada tahap awal pembangunan dimulai dengan pembuatan dua belas unit payung elektronik yang bentuknya sama persis dengan Masjid Nabawi.

7 Tempat Wisata Keren di Krueng Raya Aceh Besar
Tahap selanjutnya kata Zaini Abdullah, dilanjutkan pembangunan basement tempat parkir kendaraan roda dua dan roda empat, tempat wudhu, dan pembangunan berbagai sarana lainnya, seperti taman, ruang genset, pengolahan air limbah, drinking water system, dan perbaikan beberapa interior bangunan masjid.

Untuk membangun Masjid Raya Baiturrahman yang lebih indah ini, Pemerintah Aceh menggunakan dana APBD senilai Rp488 miliar.

"Masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah, tapi juga menjadi pusat berbagai kegiatan Islam di Aceh dan nusantara," ujar Zaini Abdullah di Banda Aceh, Selasa, 28 Juli 2015.

Area masjid ini juga akan diperluas mencapai delapan hektare dengan empat sisi. Di sisi barat, dimanfaatkan untuk gedung pusat pendidikan, seperti Taman Pendidikan Alquran.

Kawasan selatan akan dijadikan sebagai pusat berbagai aktivitas keislaman, seperti pembangunan guest house dan convention center.

Di bagian timur akan dibangun media center Masjid Raya Baiturrahman, departement store. Sedangkan pada sisi utara akan dibangun pusat percetakan dan galeri.

Untuk rencana pembangunan tersebut, kata dia, Pemerintah telah merincikan total dana yang akan dikeluarkan yakni sebanyak Rp1,4 triliun. 

Diharapkannya pengembangan pembangunan Masjid Raya Baiturahman ini mampu memberikan kenyamanan baru bagi siapa saja yang datang beribadah ke Aceh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya